welcome

selamat datang in my ROOM...........

Mengenai Saya

Foto saya
ass'ww.... haluw2.....para manusia yang ca'em2.... hehe.... aq adalah sesosok manusi seperti kalian... tidak ada perbedaan diantara qt.... so be my friendZ....!:) sekarang komunitasQ di surabaya-kediri,,,, biaya murah kok,,,cuman 5rb rupiah klo naek kereta.... hehehehe.....

Selasa, 18 Desember 2007

PEA dan Kompleksitas Robot 2 : Otot Otot Buatan

PEA dan Kompleksitas Robot 2 : Otot Otot Buatan

Pentingnya peranan robot semakin disadari saat ini. Isu isu yang mendasari pembuatan robot canggih dari berbagai bidangpun semakin gencar. Salah satunya adalah otot buatan. Majalah terkenal Scientific Amerika ikut mengulas tentang hal ini dalam edisi oktober 2003nya. Bagaimana sebenarnya otot otot buatan ini ?


Adalah Eamex Corporation, sebuah perusahaan riset yang berlokasi di Osaka Jepang, telah berhasil membuat sebuah mainan robot ikan yang bisa berenang di sebuah akuarium selayaknya seekor ikan hidup bergerak. Robot ikan yang dibuat dari bahan plastik transparan tersebut, sama sekali tidak membutuhkan pemicu gerak mekanik seperti motor, gears atau battery untuk menggerakan tubuhnya. Gerakan robot ikan ini berasal dari gerakan lentur lembaran EAP yang diselipkan pada bagian tubuh dan ekor ikan, Sinyal listrik yang berasal dari koil induksi yang berada diluar akuarium memicu lembaran EAP untuk mengembang dan menyusut secara bergantian yang mengakibatkan ekor bergerak sehingga robot ikan dapat bergerak maju. Robot ikan hasil buatan Eamex ini bisa dibeli seharga US$100 yang merupakan produk komersial otot buatan dari bahan EAPs pertama di dunia. Lihat gambar video dibawah ini. Informasi tentang Eamex lebih detail bisa juga dilihat di website mereka http://www.eamex.co.jp/.

Dr. Yoseph Bar-Cohen, peneliti senior dan group leader di Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Nondectructive Evaluation and Advance Actuators (NDEAA) California, mengusulkan sistem pembangkit EAP (EAP-driven system) yang mana menurut dia nantinya dapat membantu pengembangan teknologi actuator EAP. Bar-Cohen dengan beberapa koleganya mencoba membangun sebuah komunitas riset EAPs guna lebih meningkatkan kinerja dalam pengembangan teknologi EAPs

Keinginan untuk menjalin kerjasama internasional antara ilmuan, enginer, perusahaan dan para sponsor EAPs, diwujudkan pertama kali pada konferensi SPIE (Society of Photo-optical Instrumentation Engineers) pada bulan Maret 1999 di California yang sekaligus adalah 6th Smart Structures and Material Symposium. Kemudian dilanjutkan dalam tahun yang sama pada konferensi MRS (Materials Research Society). Dalam konferensi tersebut komunitas EAPs mencapai sebuah kesepakatan untuk mensosialisasikan EAPs ke masyarakat umum, yaitu dengan membuat homepage mengenai penelitian dan pengembangan serta hal-hal yang berkaitan dengan EAP (http://ndeaa.jpl.nasa.gov/nasa-nde/lommnas/eap/EAP-web.htm), dan juga sebuah semi-annual WW-EAP Newsletter (http://ndeaa.jpl.nasa.gov/nasa-nde/lommnas/eap/WW-EAP-Newsletter.html). Ratusan jurnal dan beberapa buah buku yang berkaitan dengan EAPs juga telah diterbitkan.

Tidak ada komentar: