Wiimote - revolusi HCI
Bagi yang sudah bosan “terkungkung” dengan keyboard, mouse, dll sebagai perangkat HCI, perangkat-perangkat baru menjadi selalu menarik.Ada alat yang bisa mendeteksi seluruh gerakan tubuh kita. Webcam yang bisa mendeteksi gerakan di depannya. Bagi penderita RSI, keyboard & mouse khusus jadi sangat membantu mereka. Ada lagi software text-to-speech, dan kebalikannya, speech-to-text. Dan banyak lagi lainnya.
Tapi yang paling menarik bagi saya (selain brain plug) adalah Wiimote. Sejak pertama kali tersiar kabar mengenai alat yang unik ini, saya yakin bahwa akan ada revolusi besar - paling tidak bagi posisi Nintendo sendiri di pertarungan di arena game console.
Pertama, Wiimote mengusung konsep input yang sangat menarik - motion sensor. Sebetulnya Wiimote bukan yang pertama - beberapa di antaranya telah saya sebutkan di paragraf pertama. Namun, Wiimote sepertinya adalah yang pertama yang sukses secara massal, mudah digunakan, harganya terjangkau, dan universal - tidak hanya di Nintendo Wii, namun kinipun sudah mulai bisa digunakan di PC.
Kedua, Wiimote bukan hanya perangkat input (IR sensor, motion sensor, buttons); namun sekaligus juga adalah perangkat output (force feedback, speaker, LED).
Ketiga, aplikasi Wiimote tidak hanya semata untuk game, berbeda dengan game controllers lainnya; tapi bisa jauh lebih luas lagi dari itu.
Kemarin ini saya berbincang-bincang dengan kawan mengenai potensi Wiimote — software (bukan video) tutorial aerobik, dimana Anda musti menggerak-gerakkan Wiimote sesuai instruksi. Keahlian Anda tidak hanya menjadikan Anda top scorer, namun sekaligus menjadikan badan lebih sehat.Lalu Wiimote sebagai interface ke dunia virtual seperti SecondLife. Atau, belajar karate dengan Wiimote ? Tidak hanya mendapatkan nilai tinggi dan instant gratification / kepuasan melihat musuh-musuh di layar bertumbangan, Anda juga mendapat keahlian praktis. Dan masih banyak potensi lainnya.
Mudah-mudahan Nintendo dan vendor software PC bisa segera menyadari peluang ini, dan mewujudkannya menjadi kenyataan. Mari kita tunggu bersama-sama.http://harry.sufehmi.com
welcome
selamat datang in my ROOM...........
Mengenai Saya
- r_dauble
- ass'ww.... haluw2.....para manusia yang ca'em2.... hehe.... aq adalah sesosok manusi seperti kalian... tidak ada perbedaan diantara qt.... so be my friendZ....!:) sekarang komunitasQ di surabaya-kediri,,,, biaya murah kok,,,cuman 5rb rupiah klo naek kereta.... hehehehe.....
DaFtaR E-LeArNinG
-
▼
2007
(87)
-
▼
Oktober
(24)
- artikel grafika komputer 1
- grafika komputer
- teknologi Grafika
- Perkembangan Grafika
- teknologi grafika terus berubah
- dunia maya permudah belajar geometri
- grafika komputer 3D
- human computer interaction
- kontruksi peran mouse
- Computer Supported Collaborative Research
- Oxygen tentukan disain KDE4PDF
- Wiimote-revolusi HCL
- KECERDASAN BUATAN DALAM ROBOTIKKecerdasan Buatan (...
- Kecerdasan buatan
- penerapan kecerdasan buatan menggunakan algoritma
- pengembangan perangkat lunak kecerdasan buatan den...
- apa itu AI
- berkomunikasi dg teknologi
- menginstal kompiler
- Menggunakan wxWidgets dengan kompiler Borland C++
- MEINGINSTAL KOMPILER
- Dasar-dasar C++
- Compiler Construction
- Pemrograman Java untuk Aplikasi Basis Data dengan ...
-
▼
Oktober
(24)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar