PENERAPAN kecerdasan buatan menggunakan algoritma minimax pada permainan tik-tak
Kecerdasan buatan dapat diterapkan atau dimplementasikan kedalamberbagai bentuk aplikasi. Bentuk implementasi yang paling mudah untuk diukurtingkat keberhasilan dan cukup digemari oleh sebagain besar publik yaitu padagames atau permainan. Permainan yang digunakan sebagai mediapengimplementasian pada kasus ini adalah permaian Tik-tak atau dalam bahasaInggris dikenal dengan nama Tic-tac-toe. Tik-tak adalah salah satu permainanlogika yang cukup populer dimasyarakat kita juga masyarakat internasional.Meskipun dimasing-masing daerah permainan ini memiliki nama yang berbedabeda,namun pola dan aturan permainan tetap sama.Algoritma yang digunakan pada kecerdasan buatan tersebut menggunakanalgoritma Minimax. Minimax menurut beberapa pakar kecerdasan buatanmerupakan salah satu algoritma yang sering digunakan dalam penerapankecerdasan buatan pada permainan, khususnya permainan logika, antara lainCatur, Go, Othello, dan sebagainya.Proses utama algoritma Minimax yaitu pencarian nilai terbaik berdasarkannilai-nilai yang telah diberikan pada tiap-tiap langkah. Nilai-nilai tersebutdibangkitkan berdasarkan basis pengetahuan yang dimiliki oleh algoritmatersebut. Dengan penerapan algoritma Minimax sebagai pondasi suatu kecerdasanbuatan pada permainan Tik-tak, maka diharapkan akan dihasilkan suatupermainan yang interaktif. Dalam permainan ini, dua pemain dapat salingbertanding menggunakan dua unit komputer yang dihubungkan oleh jaringanlokal.Alat bantu pada implementasi kasus ini menggunakan jaringan lokal danpemrograman Visual Basic 6.0.
http://digilib.unikom.ac.id
welcome
selamat datang in my ROOM...........
Mengenai Saya
- r_dauble
- ass'ww.... haluw2.....para manusia yang ca'em2.... hehe.... aq adalah sesosok manusi seperti kalian... tidak ada perbedaan diantara qt.... so be my friendZ....!:) sekarang komunitasQ di surabaya-kediri,,,, biaya murah kok,,,cuman 5rb rupiah klo naek kereta.... hehehehe.....
DaFtaR E-LeArNinG
-
▼
2007
(87)
-
▼
Oktober
(24)
- artikel grafika komputer 1
- grafika komputer
- teknologi Grafika
- Perkembangan Grafika
- teknologi grafika terus berubah
- dunia maya permudah belajar geometri
- grafika komputer 3D
- human computer interaction
- kontruksi peran mouse
- Computer Supported Collaborative Research
- Oxygen tentukan disain KDE4PDF
- Wiimote-revolusi HCL
- KECERDASAN BUATAN DALAM ROBOTIKKecerdasan Buatan (...
- Kecerdasan buatan
- penerapan kecerdasan buatan menggunakan algoritma
- pengembangan perangkat lunak kecerdasan buatan den...
- apa itu AI
- berkomunikasi dg teknologi
- menginstal kompiler
- Menggunakan wxWidgets dengan kompiler Borland C++
- MEINGINSTAL KOMPILER
- Dasar-dasar C++
- Compiler Construction
- Pemrograman Java untuk Aplikasi Basis Data dengan ...
-
▼
Oktober
(24)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar