welcome

selamat datang in my ROOM...........

Mengenai Saya

Foto saya
ass'ww.... haluw2.....para manusia yang ca'em2.... hehe.... aq adalah sesosok manusi seperti kalian... tidak ada perbedaan diantara qt.... so be my friendZ....!:) sekarang komunitasQ di surabaya-kediri,,,, biaya murah kok,,,cuman 5rb rupiah klo naek kereta.... hehehehe.....

Jumat, 26 Oktober 2007

Menggunakan wxWidgets dengan kompiler Borland C++

Menggunakan wxWidgets dengan kompiler Borland C++


Postscriptum: Informasi cepat basi… Petunjuk instalasi wxWidgets dalam tulisan ini masih cukup relevan, tapi Anda dapat mengabaikan bagian mengenai makefile dalam tulisan ini: Saya membahas metode yang lebih ringkas dan jauh lebih mudah dalam tulisan kedua saya tentang wxWidgets, Pemrograman Multiplatform dengan wxWidgets dan Bakefile.
Singkat cerita, bila Anda ingin menggunakan wxWidgets bersama-sama Borland C++ dengan mudah tapi belum mengerti caranya, salin file DUMMY.BCC. Link di bawah subjudul Makefile, bersamaan dengan cara penggunaannya.
wxWidgets adalah bingkai kerja GUI multiplatform paling poten yang pernah saya gunakan. Sebelumnya saya menggunakan FOX, yang meskipun inovatif dan lebih mudah digunakan, tapi… (topik itu rasanya berhak mendapat tulisan tersendiri). Aplikasi yang dibuat dengan wxWidgets secara otomatis dapat dikompilasi dalam semua platform dan dengan semua kompiler yang didukung oleh paket tersebut, dan kemungkinan keberhasilannya akan jauh lebih besar apabila si pemrogram membatasi diri hanya menggunakan fasilitas-fasilitas yang wxWidgets sediakan. Yang istimewa, pembatasan itu tidak kemudian mengurangi fungsionalitas platform yang dapat digunakan dalam aplikasi kita! Paket wxWidgets menyediakan beragam antarmuka portabel baik untuk jenis fasilitas standar yang disediakan secara natif dalam banyak platform, fasilitas yang hanya disediakan natif dalam platform tertentu namun harus diimplementasikan sendiri dalam platform lain, ataupun fasilitas yang kerap digunakan namun tidak cukup vital untuk disediakan natif dalam platform manapun. Sebagian contoh adalah fasilitas I/O file, koneksi database, kontrol untuk pengeditan rich-text, dan fasilitas koneksi TCP/IP.
Satu-satunya hambatan awal yang ditemui seseorang sebelum menggunakan paket ini adalah sistem build yang cukup kompleks, dirancang demikian tentunya untuk mengantisipasi idiosinkrasi setiap platform yang harus didukungnya. Di sini, saya akan menjelaskan langkah-demi-langkah pengaturan awal agar Anda dapat menggunakan pustaka ini dengan kompiler Anda. Saya sendiri menggunakan kompiler Borland C++ pada platform Microsoft Windows XP, dan akan mendasarkan penjelasan pada platform tersebut. Penyebutan bcc di bawah dapat disubstitusi dengan kompiler yang Anda gunakan (MinGW: mingw, Digital Mars: dm, dsb.), begitu pula untuk platform yang digunakan, msw. Penyebutan direktori WXBASE merujuk pada lokasi pustaka wxWidgets pada sistem Anda; saya, sebagai contoh, menggunakan E:\wxMSW-2.8.0. Penyebutan BCCDIR merujuk pada direktori dasar kompiler.
http://adhihargo.net

Tidak ada komentar: